Liverpool Taklukkan City 1-0

Manchester – Liverpool berhasil membawa pulang kemenangan berharga di leg pertama babak semifinal Piala Liga Inggris. Dijamu Manchester City, The Reds menang tipis 1-0.

Bertanding di Etihad Stadium, Kamis (12/1/2012) dinihari WIB, City tampil tanpa tiga pemain kuncinya, yaitu Vincent Kompany, Yaya Toure, dan David Silva. Absennya mereka bertiga membuat keseimbangan permainan The Citizens cukup terganggu.

Hal ini berhasil dieksploitasi oleh tim tamu, yang dalam pertandingan ini memasang kapten Steven Gerrard sebagai starter. Mereka tampil cukup dominan, khususnya pada babak pertama.

Satu-satunya gol Liverpool tercipta pada babak pertama. Gerrard menjebol gawang City lewat eksekusi penaltinya.

Sepanjang babak kedua, City terus menggempur pertahanan Liverpool. Tapi, tak satu pun peluang yang mereka dapat berbuah gol.

Kemenangan ini tentu membuka lebar kans Liverpool untuk lolos ke babak final karena pada leg kedua, 26 Januari mendatang, mereka gantian akan jadi tuan rumah. Sementara itu, City butuh kemenangan dengan selisih minimal dua gol untuk lolos.

Jalannya pertandingan

Tim tamu lebih dulu mengancam pada menit keempat. Meski dipepet Stevan Savic, Andy Carroll berhasil melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun, Joe Hart bisa memblok bola dengan kakinya.

Pada menit kesepuluh, Hart kembali menyelamatkan gawang City. Kali ini, sambil menjatuhkan diri, dia menepis tembakan jarak jauh Gerrard.

Beberapa saat kemudian, lagi-lagi Hart tampil hebat di bawah mistar. Dia menghentikan bola hasil tembakan voli Stewart Downing yang sempat dibelokkan oleh Carroll.

Liverpool mendapat hadiah penalti pada menit ke-13 setelah Daniel Agger dilanggar Savic di kotak penalti. Gerrard yang maju sebagai algojo berhasil menaklukkan Hart.

Carroll kembali memperoleh peluang pada menit ke-35. Memanfaatkan umpan silang Martin Kelly dari sayap kanan, sundulannya masih menyamping.

Peluang pertama City baru lahir pada menit ke-39. Akselerasi James Milner di sisi kanan diakhiri dengan sebuah tembakan kaki kiri yang arahnya masih melebar.

Empat menit kemudian, tim tuan rumah kembali mengancam, kali ini lewat tembakan Samir Nasri dari luar kotak penalti. Tapi, Pepe Reina masih bisa menepisnya.

Usaha berikutnya dari Milner juga belum berujung gol. Sepakannya dari dalam kotak penalti tak menemui sasaran.

Peluang terakhir pada babak pertama didapat Adam Johnson lewat tendangan bebas. Tapi, arahnya masih melambung.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Liverpool.

Blunder Kelly pada menit ke-56 membuat gawang Liverpool dalam bahaya. Gara-gara back pass-nya bisa dipotong oleh Sergio Aguero, Reina harus keluar dari sarangnya dan menutup ruang tembak Aguero.

Aksi Reina tiga menit kemudian kembali menyelamatkan gawang Liverpool. Dia menghentikan tandukan jarak dekat Micah Richards.

Percobaan Aguero pada menit ke-65 tak membuahkan hasil. Meski sudah bisa mengecoh tiga bek Liverpool, penyelesaiannya terlalu mudah dibaca oleh Reina.

Pada menit ke-82, Milner sempat mengancam gawang Liverpool dengan sepakannya dari luar kotak penalti. Tapi, arah bola masih menyamping.

Aguero juga belum bisa memaksimalkan peluang yang dia dapat pada masa injury time. Sundulannya memanfaatkan umpan Nasri masih tipis di atas mistar.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 untuk Liverpool tidak berubah.

Susunan pemain:
Manchester City: Hart, Richards, Savic, Lescott, Clichy, Barry, de Jong (Kolarov 72′), A Johnson (Dzeko 66′), Milner, Balotelli (Nasri 39′), Aguero

Liverpool: Reina, Johnson, Skrtel, Agger, Kelly, Downing (Enrique 60′), Henderson, Gerrard, Spearing (Adam 23′), Bellamy (Carragher 80′), Carroll

( mfi / krs )

sumber/detiksport.com

Posted on Januari 12, 2012, in Olahraga. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Liverpool Taklukkan City 1-0.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: