Dinyatakan Bersalah, Suarez Dihukum 8 Laga dan Denda

London – FA menjatuhkan hukuman berat terhadap Luis Suarez terkait tuduhan rasis pada Patrice Evra. Dinayatakan bersalah striker Liverpool itu disanksi larangan bertanding delapan laga plus denda.

Dikutip dari Soccernet, Suarez dinyatakan bersalah karena melakukan penghinaan “asal etnis dan/atau warna (kulit) dan /atau ras”. Usai melakukan rapat pada Selasa (21/12/2011) waktu setempat, FA menjatuhkan hukuman sangat berat buat psepakbola asal Uruguay tersebut.

Suarez dilarang tampil di delapan pertandingan. Itu masih ditambah dengan denda sebesar 40.000 poundsterling atau sekitar Rp 559,8 juta.

FA memberikan waktu buat dua pekan Suarez dan Liverpool untuk memberikan tanggapan atas hukuman tersebut. Disebutkan juga kalau hukuman tersebut belum akan berlaku sampai keluar permohonan banding.

“Mr Suarez menggunakan kata hinaan terhadap Mr Evra saat bertanding yang mana bertentangan dengan Aturan FA E3(1); Penghinaan mengunakan kata-kata yang dilakukan Mr Suarez termasuk merujuk pada warna kulit Mr Evra yang berarti pelanggaran Aturan E3(2).”

“Mr Suarez akan dapat dapat peringatan dan untuk ke depannya dihukum larangan bertanding delapan laga yang meliputi seluruh pertandingan kompetitif di tim utama dan denda sebesar 40,000 poundsterling. Hukuman tersebut ditunda berlakunya sampai ada permohonan banding diajukan oleh Mr Suarez terhadap keputusan ini,” demikian pernyataan FA.

Evra menuduh Suarez telah melakukan penghinaan rasis pada dirinya saat Liverpool berhadapan dengan Manchester United di Anfield pada lanjutan Liga Inggris 15 Oktober lalu. Dalam beberapa pernyataan pada wartawan, Suarez dan pihak The Reds berulang kali membantah tuduhan tersebut.

Suarez sempat mengakui memanggil Evra dengan sebutan ‘negro’, hal mana dia anggap bukan sebuah hinaan. Mantan pemain Ajax Amsterdam itu mengklaim kalau kata tersebut dia lontarkan sebagai balasan karena bek asal Prancis itu memanggilnya dengan ‘Amerika Selatan’. Evra menyebut kalau Suarez menghinanya sampai 10 kali dalam pertandingan tersebut.

( din / rin )

sumber/detiksport.com

Posted on Desember 21, 2011, in Olahraga. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Dinyatakan Bersalah, Suarez Dihukum 8 Laga dan Denda.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: