Messi, Ronaldo calon penerima Balon d’Or

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Xavi masuk dalam tiga nama terakhir untuk pencalonan penghargaan pemain terbaik FIFA Ballon d’Or.

Messi -yang meraih penghargaan itu tahun lalu dan juga pemain terbaik FIFA- kembali difavoritkan setelah prestasi gemilang di Barcelona dengan mencetak 53 gol sejauh ini.

Sebelumnya penghargaan Ballon d’Or merupakan penghargaan pemain terbaik Eropa, namun pada tahun 2010 dua penghargaan ini dipadukan menjadi FIFA Ballon d’Or.

Messi merupakan pencetak gol terbanyak di Barcelona yang menjadi juara liga Spanyol musim lalu dan juga Liga Champions setelah menundukkan Manchester United di Wembley, Mei lalu.

Rekan satu tim Messi di Barcelona, Xavi juga dicalonkan untuk menerima hadiah Ballon d’or atau Bola Emas.

Xavi -yang dianggap sebagai gelandang terbaik dunia- banyak memberi umpan untuk gol-gol Messi.

Pengumuman Januari

Tahun lalu Messi mengalahkan rekan satu timnya di Barcelona, Andres Iniesta dan Xavi.

Pemain asal Argentina ini juga meraih penghargaan Bola Emas dua tahun lalu, ketika masih belum digabung dengan gelar pemain terbaik Eropa.

Jika memang untuk ketiga kalinya, maka Messi akan bergabung dengan kelompok elite yang terdiri dari Michel Platini, Johan Cruyff, dan Marco van Basten.

Sementara Ronaldo sejauh ini mencetak 53 gol untuk Real Madrid, yang duduk di tempat kedua dalam La Liga musim pertandingan lalu dan kalah dari Barcelona dalam semifinal Liga Champions.

Barcelona akan berhadapan dengan Real Madrid dalam liga Spanyol Sabtu (10/12) mendatang.

Pencalonan tiga pemain itu diumumkan dalam jumpa pers di markas sepak bola Prancis di Paris dan dihadiri oleh sekretaris jendral FIFA Jerome Valcke.

Messi, Ronaldo dan Xavi dipilih dari 23 calon lain dan pemenang akan diumumkan tanggal 9 Januari di Zurich, Swiss.

 

 

 

sumber/detiksport.com

Posted on Desember 6, 2011, in Olahraga. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Messi, Ronaldo calon penerima Balon d’Or.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: