Jadwal Semi Final Copa America 2011

Paraguay menyingkirkan penyandang gelar Brazil di Copa America, Minggu (17/7/2011), ketika memenangi adu penalti 2-0 setelah pertandingan tanpa gol hingga perpanjangan waktu.

Sehari setelah tuan rumah Argentina tersingkir, juga lewat tendangan penalti dengan Uruguay, kejutan kembali terjadi ketika Venezuela memastikan diri untuk pertama kalinya maju ke semifnal setelah mengalahkan Chile 2-1.

Oswaldo Vizcarrondo membuat Venezuela memimpin pada menit ke-34 tetapi Humberto Suazo menyamakan angka pada babak kedua.

Ketika perpanjangan waktu kelihatannya sudah akan dilakukan, Gabriel Cichero menggebrak dari jarak dekat sehingga sorakan para penonton pendatang dari Venezuela berkumandang di setadion sedangkan Chile yang empat kali sebagai finalis, terhenyak atas kekalahan tim mereka.

Tim pembunuh raksasa itu selanjutnya akan berhadapan dengan Paraguay, yang terakhir kali meraih gelar pada 1979, pada pertandingan Rabu, sedangkan Uruguay berhadapan dengan Peru.

Namun Venezuela yang lebih kondang dengan cabang bisbol, akan tampil dengan tidak diperkuat Tomas Rincon, yang mendapat kartu merah pada “injury time” karena menarik kaos lawannya.

Chile juara mengakhiri permainan dengan 10 o rang setelah Gary Medel dikeluarkan dari lapangan delapan menit menjelang pertandingan berakhir.

Tapi kejutan yang nyata pada laga perempat final adalah Brazil — bukan karena mereka kandas di turnamen itu tetapi karena kurang beruntungnya mereka dalam meyelesaikan sentuhan akhir permainan itu.

Mereka memiliki beberapa peluang emas Ganso dan Pato menggebrak tetapi Justo Villar amat tangguh di bawah mistar Paraguay dan Fred, yang membuat hasil imbang amat dramatis antara kedua negara itu pada penyisihan grup seminggu sebelumnya, nyaris memasukkan bola tetapi dengan cepat dihalau lawan tepat di garis gawang.

Namun gaya permainan mereka tidak memenuhi standar yang diinginkan para pendukung mereka, yang menginginkan lebih dari apa yang terwujud di lapangan.

Pada momen tendangan penalti, mereka amat menyedihkan.

Marcelo Estigarribia dan Christian Riveros memasukkan gol untuk Paraguay sedangkan Elano, Thiago Silva, Andre Santos dan Fred gagal dalam tentangan penalti untuk Brazil pada tim delapan kali juara turnamen benua itu.

“Ketika Anda kalah maka Anda baru tahu sudah melakukan beberapa kesalahan,” kata pelatih Brazil Mano Menezes, “Tetapi ini selalu terjadi dalam sepak bola dan kita harus tahu tentang hal itu.” Pemain depan Brazil Robinho berusaha memberikan komentar positif tentang kekalahan mereka itu.

“Saya kira kami bermain bagus secara keseluruhan di Copa. Tetapi sekarang kami harus tetap menegakkan kepala kami menjelang turnamen Piala Dunia di daratan negara kami,” kata striker dari Milan itu.

Dalam insiden yang seharusnya tidak terjadi, Lucas Leiva dari Brazil dan pemain Paraguay Antolin Alcaraz dikeluarkan dari lapangan karena berindak kasar pada perpanjangan waktu pertama.

Brazil melakukan dua kali pergantian pemain dan beruntung lahir gol kedua dari Fred sehingga kedudukan 2-2. Robinho masuk menggantikan Jadson dan pemain bertahan Maicon menggantikan Dani Alves.

Robinho bergabung dengan Ganso dan dua striker Pato dan Neymar pada formasi menyerang yang dikenal dengan “magic quartet” milik Menezes.

Namun ketika Neymar dan Pato mencetak gol ketika mengikir kemenangan atas Ekuador, tim secara keseluruhan gagal memenuhi ambisi mereka pada pertandingan Minggu saat berhadapan dengan lawan yang tampil cukup solid.

Ketika Brazil mencoba menerapkan taktik mereka itu, bos tim Paraguay Gerardo Martino tidak punya pilihan lain karena striker berpengalaman Roque Santa Cruz, yang mencetak gol pada pertandingan pertama, tidak tampil karena mengalami cedera.

Pato seharusnya sudah mencetak gol pada akhir permainan, namun ia hanya menyaksikan tendangannya dijinakkan penjaga gawang Villar dan kemudian usahanya yang kedua hanya membentur jala gawang dari bagian luar.

Ketika pertandingan tinggal lima menit lagi, Brazil nyaris mendapatkan satu gol, tetapi Fred, yang kelihatan akan mengulang suksesnya pada laga seminggu sebelumnya, gagal memenuhi target karena diamankan penjaga gawang di garis di bawah mistar.

“Kami seperti melakukan beberapa pengorbanan dan amat menyedihkan,” kata pelatih Paraguay Gerardo Martino, dan ia pun mengakui, “Brazil seharusnya sudah harus menang pada pertandiangan awal 90 menit.

Berikut ini jadwal pertandingan semi final turnamen sepak bola Copa America yang berlangsung minggu ini.

Selasa 19 Juli Di La Plata, 0045 GMT Peru v Uruguay
Rabu 20 Juli Di Mendoza, 0045 GMT Venezuela v Paraguay.

sumber/vco86.blogspot.com

Posted on Juli 18, 2011, in Olahraga. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Jadwal Semi Final Copa America 2011.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: