Masjid Terbesar Di London Siap Percantik Dunia Barat

Harrow Central Mosque yang sedang dalam tahap pembangunan (Berita SuaraMedia)

LONDON (Berita SuaraMedia) – Masjid Pusat Harrow akan siap menjadi tempat ibadah warga Muslim dari seluruh utara London bila proses pembangunannya di Station Road selesai. Desainnya termasuk menara Masjid setinggi 40m, tempat latihan, sebuah penitipan bayi, dan kafe di dalam lahan seluas 5.745 meter persegi. Diharapkan untuk dapat dibuka pada tahun depan setelah perubahan dari rencana pembangunan Harrow Central Mosque yang telah disetujui dan disahkan oleh Dewan Harrow pada bulan Juni 2009 lalu.

Panitia perencanaan telah memberlakukan syarat dalam proses pembangunan tersebut, termasuk sebuah rumah di Station Road yang saat ini digunakan sebagai Masjid yang akan dirubah menjadi perumahan yang terjangkau. Pembangun Masjid juga akan membayar £ 15.000 untuk lokasi parkir di Rosslyn Crescent.

Konselor Marilyn Ashton, anggota kabinet untuk perencanaan, pengembangan, dan perusahaan, berkata: “Ini adalah bangunan yang sangat signifikan di antara bangunan pencakar langit di Harrow dan sementara izin telah diberikan beberapa waktu yang lalu, kami masih terus mengawasi perubahan penting yang telah dibuat. Saya senang bahwa kami telah mampu memberikan izin resmi, sementara pada saat yang bersamaan dengan dapat seimbang dengan pendapat dari penduduk setempat. ”

Masjid Harrow yang dipakai saat ini terletak bersebelahan dengan bangunan baru. Saat ini bangunan tersebut masih jauh terlalu kecil untuk melayani seluruh masyarakat Muslim yang kini berada di Harrow. Proyek baru Masjid tersebut bertujuan untuk memberikan Masjid yang dibangun dengan tujuan yang akan menjadi pusat budaya untuk umat Islam yang berada di Harrow.

Setelah selesai dengan pekerjaan di luar gedung, dapat jelas terlihat bahwa Masjid baru ini merupakan sesuatu yang spesial. Bangunan ini tidak hanya secara penampilan terlihat indah, tapi juga merupakan landmark yang dapat dilihat dari kejauahn.

Masjid yang baru bukan hanya tempat shalat. Tujuannya adalah bahwa Masjid ini akan menjadi pusat pendidikan dan juga sebagai tempat untuk kepentingan umat Islam dan non-Muslim.

Masjid ini dilengkapi dengan ruang ibadah, ruang ritual untuk jenazah, perpustakaan, ruang serbaguna, unit ritel, ruang IT, klinik kesehatan, fasilitas untuk orang cacat dan lansia. Pembangunan Masjid yang dimulai pada tahun 2004 ini akan menjadi Masjid terbesar di London dengan bangunan lima lantainya.

Pada bulan Maret lalu, dalam rangka Hari Perempuan Internasional, Women of Faith Initiative (bagian dari WFWP-Inggris) bersama-sama dengan WFWP melakukan ziarah ke berbagai tempat ibadah di dalam kawasan Harrow, salah satunya adalah Harrow Central Mosque.

Kota kecil di London itu merupakan rumah dari sekitar 15.000 umat Islam menurut sensus angka 2001. Mereka terlibat dalam semua aspek kehidupan dari siswa dan guru, karyawan dan pengusaha, masyarakat bisnis, PNS, konselor, serta pensiunan.

Banyak dari muslim Harrow berasal dari India. Yang pertama dari masyarakat ini adalah migran ekonomi. Baru-baru ini, Muslim dari berbagai bagian di Afrika Timur, Balkan dan beberapa negara Arab juga menetap di Harrow.

Selain Harrow Central Mosque, masjid di London lainnya adalah Hujjat Islamic Centre, Mehfil-Ali, di hall sekolah St Andrew’s, serta Masjid Al-Noor, Masjid terbaru Harrow yang didirikan oleh komunitas Muslim Sunni Sri Lankandi Wealdstone.

 

(iw/cnp/hcm/hc)  www.suaramedia.com

Posted on Juli 12, 2011, in Agama. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. semoga makin memudahkan tersebarnya dakwah islam..

%d blogger menyukai ini: