Cara mengetahui lokasi pengirim email dengan email trace

Cara mengetahui dan melacak lokasi (koordinat) pengirim email. Terkadang kita sering menerima email spam dari orang-orang yang tak dikenali. Email tersebut terkadang menawarkan hadiah atau impian yang tidak masuk akal. Secara pribadi email tersebut biasanya langsung ditandai sebagai spam sehingga jika mendapatkan kiriman dari sumber yang sama maka secara otomatis akan masuk ke kotak sampah email. Namun jika penasaran untuk mengetahui lokasi pengirim email sampah tersebut bisa menggunakan fasilitas gratisan yang tersedia di internet yaitu email tracer.

Dengan menggunakan email trace dapat dengan mudah mengecek lokasi pengirim email tersebut. Cukup dengan meng-copy header email selanjutnya masukkan ke situs email tracer selanjutnya akan muncul data berupa lokasi /kota , nama jalan , negara, kordinat lengkap dengan petanya.Proses pelacakan email ini dapat dilakukan karena di dalam header email terdapat IP Addres pengirim email sehingga dengan mudah dapat dilacak lokasinya.

Untuk melacak email bisa ikuti prosedur di bawah ini :

1. Buka email dalam contoh ini saya menggunakan email yahoo ,untuk email gmail dan email lainnya bisa dilihat disini header email

klik tombol dropdown pada tombol Actions , pilih View Full Header

2. Akan tampil popup window berisi header email seperti gambar di bawah

3.buka situs berikut trace email 
Copy header yang ada pada gambar di atas, masukkan ke text box email tracking seperti gambar di bawah
Klik tombol  Email Tracking

4.Akan tampil lokasi pengirim email tersebut berupa IP address, lokasi /kota, koordinat (lintang,bujur)
Untuk melihat lebih detail bisa zoom peta yang tersedia.

Prosedur 3 dan 4 di atas bisa diterapkan untuk emai lain seperti gmail, hotmail, outlook express, microsoft outlook, dll.

 

 

 

sumber/artikelkomputer


Posted on Juli 6, 2011, in Tips & Trik. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Cara mengetahui lokasi pengirim email dengan email trace.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: