Muslim Inggris Bersatu Dalam Upaya Bebaskan “Teroris”

Kepolisian Inggris membagikan pamflet setelah penggerebekan yang dilakukan di wilayah Willows Lane, Deane, dimana lima Muslim ditahan atas tuduhan terorisme. (Berita SuaraMedia)Kepolisian Inggris membagikan pamflet setelah penggerebekan yang dilakukan di wilayah Willows Lane, Deane, dimana lima Muslim ditahan atas tuduhan terorisme. (Berita SuaraMedia)

DUBHILL (Berita SuaraMedia) – Sebuah petisi yang menyerukan pembebasan segera atas Asif Farooqui telah direncanakan di Masjid Al Rahman, di Randal Street, Daubhill, di mana dia merupakan salah satu anggotanya.Dan suatu tanda di pintu masuk Masjid mendesak rekan-rekannya sesama jemaah untuk berjanji memberikan dukungan mereka.

Pesan tersebut, tertulis di papan tulis di dalam Masjid, mengatakan Farooqui “sangat dihormati” dan menyerukan kepada pihak berwenang untuk membebaskannya “tanpa penundaan”.

Farooqui adalah pilar masyarakat yang dihormati oleh rekan-rekannya, kata para tetangga yang terkejut kemarin (04/07).

Ketika petugas tiba di lokasi pagi hari setelah serangan, beberapa berpakaian jaket forensik putih, penduduk berbicara tentang ketidakpercayaan mereka pada pemberitahuan bahwa salah satu tetangga mereka telah ditangkap atas dugaan pelanggaran terorisme.

Beberapa menceritakan bagaimana mereka terbangun di dini hari, dan melihat polisi di depan dan belakang rumah di Willows Lane, Deane.

Orang yang lain baru saja  menemukan apa yang terjadi ketika mereka terbangun kemudian di pagi hari.

Semua mengatakan mereka terkejut bahwa anggota masyarakat populer itu telah ditahan di bawah dugaan memiliki bagian dari serangan terorisme.

Sisa keluarga Farooqui meninggalkan rumah, di mana mereka telah tinggal selama sekitar 10 tahun, awal kemarin pagi, atas kemauan mereka sendiri.

Yasmin Wazir, umur 23, tinggal di seberang keluarga. Dia berkata: “Mereka hanya keluarga yang normal, sangat tenang.”

“Yang pertama saya tahu tentang hal itu adalah ketika saya  bangun. Saya hendak mengantarkan ibu saya saat saya melihat semua polisi di luar.

“Mereka adalah keluarga yang sangat terhormat.”

Tetangga lain, yang meminta tidak disebutkan namanya, mengatakan: “Ada banyak petugas. Untungnya mereka tidak mengetuk pintu atau apa pun.”

“Saya bangun pada 4:30. Saya mendengar gedoran. Saya hanya memandang keluar jendela dan menemukan ini sedang terjadi. Saya berharap mereka melakukan hal yang salah.

“Dia adalah seorang pria berkeluarga. Dia adalah benar-benar pria yang baik dan tenang.”

Farooqui secara teratur menghadiri Masjid di dekat Randal Street. Tetangga yang lain berkata: “Jika saya pergi ke Masjid dan memberitahu orang-orang bahwa dia tetangga saya, orang akan mengatakan anda beruntung memiliki tetangga yang baik.

“Dia sangat dihormati di keseluruhan masyarakat.

“Mereka adalah keluarga yang sangat, sangat baik. Saya tidak percaya hal ini terjadi. ”

Polisi tetap berada di luar rumah sepanjang hari, ketika petugas forensik dan anggota Unit Bantuan Taktis mengeledah di dalam.

Asif Farooqui yang berusia 62 tahun ditangkap di rumahnya di Willows Lane, Deane, oleh Unit Kontra Terorisme North West.

Rumahnya ditutup sementara polisi melakukan pengeledahan. Tindakan tersebut adalah tahap terakhir dari penyelidikan yang telah membentang lebih dari 15 bulan.

Dua orang juga ditangkap di Manchester, satu di Stalybridge dan satu lagi di Heathrow Airport di London.

Sumber polisi mengatakan tidak ada ancaman teroris yang akan segera terjadi di area Greater Manchester dan penangkapan-penangkapan itu terkait dengan dugaan ancaman dari luar negeri.

Asisten Kepala Polisi Greater Manchester Police Dave Thompson berkata: “Untuk melindungi orang-orang baik di dalam maupun di luar negeri merupakan fokus utama kita oleh karena itu kami mengambil langkah-langkah seperti itu.

“Ini adalah penyelidikan yang kompleks dan terus berlanjut, yang kini telah mencapai titik di mana diperlukan untuk melakukan penangkapan dan berbicara dengan sejumlah orang.

“Tidak ada ancaman langsung terhadap Greater Manchester dan penangkapan merupakan tahap terbaru dari penyelidikan yang menyeluruh.

“Kami telah bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk memberikan kepastian tentang apa yang telah terjadi.”

Dia menambahkan: “Petugas juga akan mendistribusikan surat-surat ke sekitar daerah yang bersangkutan dan berbicara kepada penduduk untuk membiarkan orang mengetahui apa yang telah terjadi dan meminta mereka untuk melanjutkan bekerja bersama kami dalam beberapa hari mendatang.

“Masyarakat akan cemas bahwa penangkapan ini akan menyebabkan gangguan dan kesusahan kepada orang-orang yang tinggal di sana. ”

Kelima laki-laki  dengan kisaran usia, 52, 21, 62, 27 dan 26 itu telah ditahan atas tuduhan pelanggaran terorisme, termasuk menghasut aksi terorisme di luar negeri.

Operasi tersebut, yang digambarkan oleh polisi sebagai “kunci rendah”, dimulai pada pukul 4 pagi.

Alamat-alamat lain yang diserbu berada di Stockport Road, Levenshulme, Victoria Terrace, Longsight, Bowdon Avenue, Fallowfield, dan Rydal Walk, Stalybridge.

 

 

 

 

sumber(iw/bn) www.suaramedia.com

Posted on Juli 5, 2011, in Agama. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Muslim Inggris Bersatu Dalam Upaya Bebaskan “Teroris”.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: