Angka Kemiskinan Turun Sebanyak 1 Juta Orang

HarianBerita – Tingkat kemiskinan di Indonesia saat ini turun sebanyak 1 juta orang. Meskipun jumlah penurunannya lebih rendah dari pada tahun 2010. Pemerintah tetap membanggakan penurunan ini setelah ditengah ketidakpastian global, Indonesia mampu menurunkan jumlah kemiskinan tersebut.

Saat ini Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah orang miskin turun 1 juta orang dalam setahun ini. Per Maret 2011 jumlah orang miskin sebesar 30,02 juta orang atau 12,49% dari total seluruh penduduk Indonesia. Sedangkan jika dibandingkan pada Maret 2010, di mana penduduk miskin sebesar 31,02 juta orang atau 13,33% maka terjadi penurunan 1 juta orang dalam setahun.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, dari pengurangan jumlah penduduk hingga 1 juta orang itu, sebanyak 90 persen berasal dari pengurangan kemiskinan di pedesaan.

“Dari 13,3% (2010) sekarang 12,49% (2011) dalam satu range ketidakpastian global saat ini banyak negara meng-create lapangan kerja saja kesulitan. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengurangi kemiskinan angka tersebut itu cukup tinggi,” imbuh Ketua Umum PAN ini dikutip dari detik Senin 4/7/2011.

Meski demikian, Hatta menyadari, garis kemiskinan sedikit dinaikkan tarafnya namun bagaimanapun juga pengurangan tetap terjadi. Seperti diketahui, pemerintah telah menaikkan batas garis kemiskinan dari Rp 211.726 menjadi Rp 233.740 per kapita per bulan atau naik 10,39%.

“Walaupun dinaikkan sedikit, garis kemiskinannya toh tetap pengurangan terjadi. Nah memang kita juga harus melihat kenapa di perkotaan itu kecil dibandingkan di pedesaan, disatu sisi kita perlu satu instrumen kebijakan khusus yang langsung menembak pada kantong kemiskinan,” jelas Hatta.

 

 

sumber/harianberita

Posted on Juli 5, 2011, in Sosial. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Angka Kemiskinan Turun Sebanyak 1 Juta Orang.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: